Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak Membuka TOT Relawan TIK Jatim dan Mengajak Masyarakat Gunakan Domain ID

Surabaya, Dengan perkembangan era yang semakin maju ini, seluruh masyarakat dituntut harus paham dengan teknologi-teknologi yang ada sekarang ini, terutama terkait dengan digitalisasi. Oleh karena itu, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Jawa Timur melaksanakan kegiatan Training Of Trainer (TOT), Rabu (27/09/2023).

Relawan TIK Jawa Timur bekerjasama dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Kegiatan training itu berlangsung selama tiga hari, bertempat di Hotel Gunawangsa Merr, Kota Surabaya. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak membuka Training of Trainer (TOT) Relawan TIK Jawa Timur. Dalam sambutannya, Wagub Emil mengapresiasi kegiatan peningkatan SDM bidang TIK bagi para pemuda Jawa Timur.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa hari ini digitalisasi itu sudah menjadi keniscayaan, sebab segala hal saat ini sudah serba digital. Dua hal yang harus diterapkan Relawan TIK se-Jawa Timur, pertama teruslah mengasah kompetensi, kedua bagikanlah ilmu dan layani masyarakat Jawa Timur dalam pemanfaatan TIK,” pesan Wagub Emil.

Dalam upaya percepatan transformasi digital, Wagub Emil juga mengajak masyarakat Jawa Timur untuk menggunakan domain .id yang merupakan identitas digital Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, dengan menggunakan domain .id ini menjadi bukti cinta produk dalam negeri.

“Mari kita semua maksimalkan penggunaan domain .id dalam mendukung ekosistem digital yang lebih baik di Indonesia,” ujar Wagub Emil. Dalam kegiatan TOT ini, para peserta mengikuti berbagai pelatihan bidang teknologi digital, termasuk juga pembekalan produk domain .id berupa produk tap-tap dan microsite s.id yang berfungsi untuk menayangkan portofolio kemampuan pribadi secara daring.

John menyampaikan bahwa PANDI telah berkolaborasi dengan Relawan TIK sejak 2012, dalam upaya bersama meningkatkan literasi digital di tengah masyarakat Indonesia.

Beliau menyebut, literasi digital masyarakat Indonesia masih di bawah 1 persen, karenanya John mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama meningkatkan literasi digital.

Sementara itu, Ketua Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji Raharjo mengintruksikan kepada seluruh anggota Relawan TIK se-Jawa Timur untuk menyosialisasikan domain .id kepada masyarakat umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website